Mengajukan Kredit Mobil Mandiri Untuk Mobil Bekas

Mengajukan Kredit Mobil Mandiri Untuk Mobil Bekas

Posted by shinobi apuy on Friday, October 14, 2016

Siapa bilang mengajukan kredit mobil mandiri hanya bisa untuk mobil baru saja. Kamu juga bisa kok mengajukan kredit ini untuk pembelian mobil bekas. Jadi, jika dana kamu benar-benar terbatas dan hanya mampu untuk membeli mobil bekas, itupun secara kredit, kamu nggak perlu khawatir. Sama halnya dengan pembelian mobil baru secara kredit, kamu bisa mengajukan pinjaman ini ke lembaga keuangan bank maupun lembaga keuangan non bank yang menyediakan jasa ini.

Mobil Bekas

Namun begitu, bukan berarti tidak ada perbedaan sama sekali antara pembelian mobil baru dan bekas secara kredit loh. Sebab, ternyata ada beberapa aturan berbeda yang hanya berlaku untuk pengajuan kredit pembelian mobil bekas saja, dan tidak berlaku pada pembelian mobil baru, antara lain:

  • Brand mobil

Beberapa orang, cenderung lebih senang mengajukan pinjaman kredit kendaraan bermotor pada Bank dibandingkan dengan lembaga keuangan non bank, atau yang sering disebut leasing. Namun, jika mobil yang ingin kamu beli adalah mobil bekas, sebaiknya carilah informasi terlebih dahulu dari bank tempatmu ingin meminjam. 

Sebab, beberapa bank menerapkan aturan khusus, dimana mereka hanya akan menerima pengajuan pinjaman untuk pembelian beberapa brand mobil saja. Nah, jika brand yang ingin kamu beli tidak termasuk di dalamnya, maka cobalah untuk mencari alternatif tempat pinjaman lain atau belilah mobil yang termasuk dalam brand yang tercantum.

  • Suku bunga

Membeli mobil bekas memang lebih menguntungkan, sebab harganya pasti lebih murah daripada mobil baru. Hanya saja, hal ini bisa jadi tidak berlaku jika kamu membeli secara kredit. Sebab, pada umumnya lembaga keuangan akan menerapkan suku bunga yang lebih tinggi dibandingkan dengan kredit untuk mobil baru.

  • Asuransi

Tentunya, risiko yang harus ditanggung oleh perusahaan asuransi pada mobil bekas akan lebih besar daripada mobil baru. Jadi, wajar jika kamu akan dikenakan biaya asuransi yang lebih tinggi daripada jika membeli mobil baru. Apalagi, jika kondisi mobil bekas yang kamu beli tidak dalam kondisi cukup bagus. Misalnya, pernah mengalami turun mesin, pernah terlibat kecelakaan, atau sudah lama diproduksi (mobil tua). 

Yang ingin kredit mobil bekas? Sebaiknya hal-hal di atas diperhatikan banget yah! Semoga bermanfaat (Vita)

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...